Diberdayakan oleh Blogger.
Banyak Membaca Banyak Tau!!!
Pasang Iklan Gratis
Pasang Iklan Gratis

AUTONOMY


Istilah autonomy = otonomi, swatantra (Kamus Inggris Indonesia) berarti kemampuan untuk memerintah sendiri, mengurus sendiri, atau mengatur kepentingan sendiri (Steinberg, 1993:286).
Menurut Steinberg (dikutip Fleming, 2005, hal. 2), kemandirian didefinisikan sebagai kemampuan individu dalam bertingkahlaku, merasakan sesuatu, dan mengambil keputusan berdasar kehendaknya sendiri.
Aspek-aspek kemandirian menurut Steinberg :
1.     Kemandirian emosional
Merupakan aspek kemandirian yang berhubungan dengan perubahan kedekatan hubungan emosional antar individu, seperti hubungan emosional dengan orang tuanya.
2.     Kemandirian perilaku
Ialah suatu kemampuan untuk membuat keputusan-keputusan tanpa tergantung pada orang lain dan melakukannya secara bertanggung jawab.
3.     Kemandirian nilai
Adalah kemampuan memaknai seperangkat prinsip tentang benar dan salah, tentang apa yang penting dan apa yang tidak penting.




Referensi :
Jurnal penelitian : Hubungan Antara Kemandirian Dengan Motif Berkompetisi Pada Siswa Kelas VII Rintisan sekolah Bertaraf Internasional (Nunung Faizul Muna, S. Psi; Dra. Sri Hartati, M. S; Imam Setyawan, S. Psi, M. A : Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro)
Diambil  pada tanggal 21-4-2012  11:42 WIB

1 komentar:

Unknown mengatakan...

:)

Posting Komentar